Menerima Perubahan

Jika boleh saya mengambil pemikiran professor saya waktu saya kuliah dahulu,

Organisasi yang sukses adalah organisasi yang menerima perubahan

Kita bisa melihat bahwa banyak sekali organisasi maupun perusahaan yang mengalami proses perubahan. Menyakitkan maupun tidak. Yang pasti, semuanya membutuhkan usaha besar.

Garuda Indonesia mungkin akan terpuruk jika tidak melalui proses perubahan seperti yang kita ketahui. PT KAI mungkin tetap akan menjadi bisnis yang terus merugi jika petingginya tidak memiliki niat untuk berubah. Dan masih banyak contoh lainnya.

Memang, perubahan tidak menjamin apakah akan berujung sukses atau tidak. Namun perubahan merupakan sebuah pertanda bahwa ada segelintir pihak yang berusaha untuk membuat suatu organisasi menjadi lebih baik. Bukankah berusaha lebih baik daripada tidak berusaha?hehehehe

Perubahan akhirnya juga datang kepada tempat saya bekerja saat ini. Direktur Utama yang baru memiliki background yang jauh berbeda dengan Dirut yang lama. Banyak perubahan-perubahan yang nantinya akan datang dengan tujuan untuk membuat organisasi ini lebih baik. Budaya yang sudah dibangun oleh Dirut lama tentu akan sangat berbeda dengan budaya yang dibagun oleh Dirut baru. 

Perubahan itu, suka tidak suka, pasti akan ada.

Banyak pihak yang merasa tidak nyaman dengan perubahan yang akan terjadi ini. Wajar. Sedikit orang yang menyukai perubahan. Saya pun satu dari banyak orang yang tidak menyukai situasi ini. Agar perubahan ini bisa berjalan lancar dan sedikit menyakitkan, kita hanya tinggal menerimanya. Buang semua ego yang melekat. Hilangkan pikiran negatif. Memang proses ini tidak mengenakkan. Yakinlah, menerima perubahan dengan lapang dada akan membuat semuanya terasa mudah. Toh ujungnya ini semua untuk organisasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Kind Regards,

Aurora Rizkika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *